• May 21, 2019
KOMPAK Jajagi Kolaborasi dengan Kopkun Institute

Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) Kemitraan Pemerintah Australia-Indonesia bertandang ke Kopkun Institute bersama rombongan Bappenas Direktorat UKM dan Koperasi. Lima orang rombongan dipimpin oleh Direktur Direktorat UKM dan Koperasi Bappenas, Ir. Ahmad Dading Gunadi, MA., pada Selasa 21 Mei 2019.

Dalam kesempatan itu masing-masing lembaga berbagi praktik pada beberapa isu seperti pemberdayaan ekonomi dan inovasi model kelembagaan. Muchlis Ali, Local Economic Development Lead KOMPAK bersama Dading Gunadi menyampaikan fokus kegiatan KOMPAK yang salah satunya adalah upaya pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya level mikro.

Disambung uraian Muchlis Ali tentang beberapa program KOMPAK yang sedang dilakukan di beberapa provinsi seperti: Jawa Tengah, Sulawesi, Kalimantan, Aceh dan lainnya. “Kami saat ini melakukan beberapa inovasi model di 14 titik kabupaten/ kota. Tujuannya membuat modelling agar bisa direplikasi bagi kementerian/ lembaga atau pihak lainnya”, terang Muchlis. Salah satu pendekatan yang ditempuh adalah melalui skema keperantaraan atau market linkage.

Kemudian Dading Gunadi, Direktur Direktorat UKM dan Koperasi Bappenas menyampaikan Kopkun Institute concern pada koperasi. “Beberapa implementasi KOMPAK di beberapa titik menggunakan kelembagaan ekonomi berbentuk koperasi. Harapannya nanti Kopkun Institute bisa berkontribusi untuk menyempurnakan modelnya”, terangnya.

Firdaus Putra, HC., Direktur Kopkun Institute menyambut baik fasilitasi kolaborasi Bappenas bersama KOMPAK. “Ini adalah momen yang bagus bagi kami juga. Kami bisa belajar banyak dari inovasi model yang sedang dikerjakan. Kami memang telah melakukan beberapa pendampingan, ada yang koperasi juga BUMDes”, tegasnya.

Ikut serta informal meeting itu Herliana, HC., (Ketua Kopkun), Novita Puspasari, HC., (Deputi Riset KI), Meifita DH, HC., (Deputi Pemberdayaan), Vledy Afief, HC., (Direktur Prakarsa Unggul), Anis Saadah, HC., (CEO InnoCircle) dan Setiyarji, HC., (Direktur Karya Digital), rombongan di terima di Meeting Room Kopkun. Selepasnya dilanjutkan dengan buka bersama di Inno Cafe. []

Short URL: http://bit.ly/2X2K6aE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.