• December 21, 2016
Kampanyekan Penggunaan International Co-op Marque

Kopkun Institute proaktif sosialisasikan international co-op marque yang dirilis oleh ICA. Tujuannya adalah untuk membangun kesatuan identitas dalam gerakan koperasi: nasional dan internasional.

Dalam kampanye itu, Kopkun Institute fasilitasi sumber logo COOP dalam bundle yang berisi beberapa format: CorelDraw, PNG dan dilengkapi dengan manual guidance-nya. “Meski sepele, fasilitasi ini sangat membantu gerakan koperasi di Indonesia. Terutama yang tak terlalu familiar dengan desain grafis. Teman-teman tinggal unduh dan gunakan beberapa sumber yang telah kami racik”, ujar Anis Saadah, HC., Staf Bidang Penelitian dan Pengembangan.

Kampanye itu dilakukan lewat berbagai media sosial: grup-grup Whatsapp, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Hal itu untuk menjembatani para Pengurus dan Pengelola koperasi, yang boleh jadi awam dengan bahasa Inggris dan website ICA, sehingga dapat langsung mengakses logonya.

Sampai saat ini bundle itu telah diunduh ratusan kali. Artinya sebenarnya banyak teman-teman koperasi di Indonesia yang ingin menggunakannya, namun kurang memahami dimana menemukan sumber gambarnya. Dengan kampanyekan penggunaan Co-op Marque ini, Kopkun Institute ingin bangun sentimen positif di gerakan koperasi tanah air.

Di sisi lain, sembari memberi kritik pada logo koperasi Indonesia yang tak kunjung dirubah. “Dalam meme kami menulis: Ayo gunakan logo koperasi dunia melengkapi logo koperasi Anda. Lebih simpel, modern dan penuh makna”, terang Anis. Yang kalimat itu sebenarnya bertujuan untuk beri kritik tak langsung bagaimana logo koperasi Indonesia sangat jadul dan tak menarik mata.

Perempuan yang tercatat sebagai Pengurus Komite Pemuda Koperasi Asia Pasifik itu mengungkapkan, “Koperasi tanah air harusnya bisa menyesuaikan zaman yang berubah. Harusnya bisa menampilkan diri penuh warna. Paling gampang lewat logo, spanduk, billboard dan material promo lainnya”, terangnya. Hal itu bukan sekedar citra atau pencitraan, namun bahwa dalam komunikasi visual, logo yang menarik mata akan memberikan kesan dan pesan yang dapat menggerakkan orang, masih menurutnya.

Kooperator muda itu berharap bahwa logo koperasi dunia dapat digunakan oleh koperasi-koperasi di tanah air. Awalnya mungkin bisa bersifat melengkapi, sampai kemudian ketika orang jenuh dengan logo lama, itu bisa menjadi logo utama menggantikannya. Tentu lebih baik bila gerakan koperasi Indonesia dapat menginisiasi logo baru yang inspiring, simple and modern. []

Silahkan unduh bundle logonya di sini

Short URL: http://bit.ly/2jB6kxq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.