• August 3, 2018
STMIK AMIKOM Teken MoU dengan Kopkun Institute

PURWOKERTO, SATELITPOST-STMIK Amikom Purwokerto menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kopkun Institute di aula kampus setempat, Senin (30/7/2018). Penandatangan tersebut dilanjut dengan seminar dan bedah buku Homo Coopertivus Collaboratus‎.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan langsung pendiri Credit Union Indonesia, Robby Tulus, Direktur Kopkun Institute Firdaus Putra HC‎, Regional Director International Cooperative Alliance Asia Pasific Balu Iyer dan Dosen STMIK Amikom Purwokerto, Dhanar Intan SS.

Ketua STMIK Amikom Purwokerto, Dr Berlilana MSi mengatakan‎ dalam kerja sama tersebut Kopkun Institute ingin bekerjasama terkait pemberdayaan dengan pengembangan teknologi. “Sementara kita akan diberikan sharing pengembangan bisnis. Karena selama ini kita lemah dalam hal manajemen bisnis. Karya kita selesai di rak perpustakaan. Padahal mempunyai nilai bisnis luar biasa dan mempunyai kebermanfaatan luar biasa. Semoga nanti akan tercipta perkembangan yang baik antarkedua lembaga ini,” kata dia.

Sebagai bentuk kerjasamanya, dimulai bedah buku Homo Coopertivus Collaboratus‎. Berlilana mengatakan, bedah buku tersebut sangat penting. Karena sudah berkaitan dengan bagaimana antarsesama menjadi keniscayaan dan sangat penting untuk membangun kemitraan. “Ini menarik bagi perguruan tinggi, yang juga terbuka untuk pihak mana pun,” katanya.

Sementara itu, Regional Director International Cooperative Alliance Asia Pasific, Balu Iyer mengatakan‎ STMIK Amikom Purwokerto sebagai kampus ada banyak sumber daya masyarakat yang hampir semuanya anak muda. Dan, ada banyak hal yang bisa dilakukan antara anak muda dan koperasi.

“Dari sekian juta populasi di Indonesia, ada banyak anak muda. Ada tantangan anak muda di masa mendatang,” kata Balu.

Menurutnya, dengan adanya gadget juga bisa menjadi pengganggu. Karena gadget justru membuat banyak kehilangan pekerjaan.‎ “Teknologi bukan solusi semua masalah. Tapi kita gunakan teknologi untuk menyelesaikan masalah,” katanya.

Ia mengatakan dengan MoU tersebut akan ada manfaat untuk kedua pihak. Bagi Kopkun Institute yang akan mendaptkan teknologi dari Amikom Purwokerto. Dan STMIK Amikom Purwokerto akan mendapatkan share terkait koperasi.

“Kerja sama ini sangat unik. Karena belum pernah ada MoU seperti ini. Saya tidak sabar menantikan progresnya jika berhasil. Model kerja sama seperti ini yang akan diaplikasikan di tempat lain,” kata dia. (alf)

Sumber: https://satelitpost.com/regional/purwokerto/stmik-amikom-teken-mou-dengan-kopkun-institute

Short URL: http://bit.ly/2vuyu3v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.