• May 31, 2018
Sosialisasi Pendirian Koperasi Jasa, PediHelp

Bekerjasama dengan Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Kopkun Institute mengadakan sosialisasi pendirian Koperasi Jasa PediHelp pada puluhan tukang becak di daerah Alun-alun Purwokerto.

PediHelp sendiri adalah start up inkubasi Kopkun Institute yang bergerak di bidang cleaning service dan perbantuan. Visinya memberdayakan pengayuh becak dan pekerja informal di Purwokerto.

PediHelp  telah berjalan selama 7 bulan. Anggota berasal dari tukang becak di daerah kampus Unsoed. Dengan adanya kerjasama dengan PSE, diharapkan jangkauan kebermamfaatan Pedi semakin luas.

Agenda dihelat pukul 16.30 di kantor PSE yang berlokasi di jalan masjid, persis di depan gedung DPRD Banyumas. Dengan bertajuk buka puasa bersama, sekitar 80 orang tukang becak hadir pada agenda sore itu.

PSE sendiri memiliki agenda rutin makan bersama tukang becak disetiap akhir bulan. Sejumlah donatur berbagi makanan untuk para tukang becak, tukang parkir dan kaum dhuafa disekitar kantor. Menurut Romo Stev, ketua PSE Purwokerto, kegiatan bulanan rutin ini sudah berjalan hampir satu tahun.

Sembari menunggu waktu buka puasa, tim dari PediHelp dan Kopkun Institute melakukan pendataan dan sosialisasi. Lalu mengajak mereka bergabung untuk mendirikan koperasi jasa. Tepatnya jasa cleaning service dan perbantuan. Karena selain keahlian membecak, mereka juga cakap dibidang itu.

Mereka antusias dan bersedia mendirikan bisnis kolektif. Pasalnya, sudah sejak lama penghasilan mereka tidak menentu akibat laju teknologi transportasi yang begitu masif. Dalam sehari dapat satu penumpang saja sudah bagus. Sekadar informasi, rerata penghasilan mereka dalam sehari hanya 20.000 rupiah saja.

Sehingga dengan adanya PediHelp, mereka bisa mendapat tambahan penghasilan. Karena sejauh ini dari setiap orderan di PediHelp, tukang becak bisa mendapat 50-60 ribu rupiah dalam sekali kerja. Terbilang lumayan jika dibanding penghasilan tetap mereka dari membecak.

Pertemuan diakhiri selepas buka puasa bersama. Mereka semua bersepakat untuk melakukan rapat pendirian koperasi pada tanggal 30 Juni 2018 di tempat yang sama.

Oleh : Aef Nandi Setiawan,HC

Short URL: http://bit.ly/2kD5QIi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.