• September 3, 2018
Pitch Desk Coop Startup Inkubasi Kopkun Institute Bersama STMIK AMIKOM Purwokerto

Workshop “Worker Coop, Coop Platform, Coop Startup” yang pada 27-28 Agustus 2018  diikuti dari luar dan dalam kota. Salah satunya yakni dari startup yang saat ini diinkubasi oleh Kopkun Institute bersama STMIK AMIKOM Purwokerto. Hal itu merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang diteken  pihak pada bulan Juli kemarin. Kedua belah pihak bersepakat untuk mengembangkan startup dengan tata kelola worker cooperative.

Setelah dua hari mengikuti berbagai materi workshop, peserta lalu ditantang untuk pitch desk bisnis mereka selama lima menit. Pitch desk  dipandu oleh M Sena Luphdika, HC. (CEO Meridian.id) yang sudah berpengalaman menjadi coach startup tingkat nasional. Tak ketinggalan juga Fajar Nusantara, HC. (Business Development Pedi.id) dan Anis Saadah, HC. (Manajer Kemitraan Pedi.id).

Tim yang presentasikan saat itu yakni: Tailorku, PINTAR, Bengkol, ePlesir, RongsokIn, Apresiasi Kendor, Emansipasi, Workshop Entusiast. Semua ide bisnis tersebut berbasis aplikasi android. Selepas pitching mereka  mendapat banyak masukan dari para coach. Mayoritas permasalahan mereka adalah terlalu banyak yang ingin dikerjakan sehingga membuat tidak fokus. Selain itu adalah model bisnis yang belum tuntas sehingga mereka sulit menggambarkan sumber revenue atau penghasilannya.

M Sena Luphdika, HC., mengatakan “Merintis startup sejak mahasiswa sudah bagus, sehingga nanti kalau sudah lulus bisa menggaji diri sendiri dari startup yang sudah jadi tersebut. Sebaiknya fokus di satu fitur terlebih dahulu”. Startup yang kita dorong menggunakan skema koperasi tujuannya untuk berbagi resiko, menurunkan biaya yang terlalu tinggi dan berkolaborasi dari sumberdaya yang sudah dikumpulkan.

IMG_9983

Setelah mengikuti pitch desk, peserta coop startup akan mengikuti program inkubasi secara intensif selama enam bulan ke depan. Rangkaian kegiatan inkubasi itu berisi training, praktik dan monitoring  bisnis setiap minggunya. Para peserta bersepakat menjadikan startup mereka berbasis worker coop dan sangat memungkinkan pada level tertentu menjadi cooperative platform dimana kepemilikan multistakeholder. []

Short URL: http://bit.ly/2NFe2op

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.