• May 28, 2018
Pedi Solution Berkolaborasi Bersama Nemo Lab Infomedia Membangun PEDI.ID

PEDI.ID merupakan pemasaran digital (marketplace) yang mempertemukan antara penyedia layanan dan pengguna. Diinisiasi oleh Koperasi Pekerja Pedi Solution dan berkolaborasi bersama PT. Nemo Lab Infomedia sebagai pengembang, saat ini aplikasi bersiap menuju launching. Kopkun Institute selaku inkubator senang dengan kabar tersebut.

Beberapa fitur yang disediakan di antaranya: Pedi Market (Layanan beli produk sayuran yang berada di pasar tradisional), Pedi Kost (Layanan perantara pemilik kos dengan pencari kosan), Pedi Mart (Layanan pembelian produk di toko modern), Pedi Message (Layanan pemasaran jasa pijat), Pedi Help (Pemasaran perbantuan dan kebersihan), dan Social Service (Berisi lembaga sosial atau publik yang dianggap perlu diakses masyarakat).

Saat ini aplikasi hanya melayani wilayah Banyumas. Tapi ke depan sangat memungkinkan direplikasi di kota-kota lain. Di bulan Juni 2018 mendatang aplikasi sudah bisa diunduh di Playstore dan memberikan layanan bisnis ke customer. “Meskipun baru masa uji coba perdana, tapi sudah bisa digunakan”, terang Anis Saadah, HC., Manajer Kemitraan. 

Memperluas Dampak Perubahan dengan Teknologi

Di tengah dunia yang memasuki revolusi industri ke empat, PEDI.ID merupakan karya anak muda untuk menyelesaikan permasalahan di lingkungan sekitar dengan pemanfaatan teknologi. Model bisnis startup menjadi pilihan utama karena dengan model ini bisnis ini skala bisnis tidak akan terbatasi oleh wilayah seperti pelaku bisnis konvensional hari ini.

Seperti dilansir dalam Kompas.com lebih dari 50% penduduk Indonesia atau sekitar 143 juta merupakan pengguna aktif internet. Semua orang saling terhubung satu sama lain dalam satu gawai, memenuhi kebutuhan sehari hari juga mengoptimalkan gawai. Pembelian produk e-commerce, jasa ojek online, sudah marak di kalangan masyarakat.

PEDI.ID hadir dengan tagline “pesan apapun jadi mudah” dalam artian PEDI memberikan delapan layanan hanya dengan menginstal satu aplikasi melalui Playstore.

Bootstrap, Kenapa Tidak?

Disaat banyak pelaku startup diluar sana mencari investor saat memulai, Pedi Solution memilih strategi bootstrapping. Bootstrapping adalah proses mendirikan sebuah startup, tanpa ada bantuan pendanaan dari investor maupun venture capital. “Strategi ini kami pilih karena dalam menjalankan bisnis tersebut seperti lari maraton, bukan sebuah lari sprint. Tak masalah pelan, tapi pasti. Kami membandingkan daripada fokus untuk membakar uang dari venture capital, kami fokus untuk mencari pendapatan untuk pembiayaan operasional”, sambung Anis.

Kolaborasi dan Inovasi

Permasalahan banyak startup adalah minin permodalan tetapi banyak gagasan. Kolaborasi dan inovasi adalah kunci bagi para pemula ini. Untuk melakukan perubahan secara sistemik kita harus ber-kolaborasi dengan pihak lain. Apa yang menajadi permasalahan di banyak startup diluar sana juga dirasakan oleh Pedi. Oleh karena hal itu kami menggandeng PT. Nemo Lab Infomedia yang bergerak di bidang software dan aplikasi digital untuk membangun dan mengembangkan aplikasi PEDI.ID. []

 

Keterangan foto:

Penandatanganan MoU antara PEDI Solution dengan PT Nemo Lab Infomedia

 

 

Short URL: http://bit.ly/2JeDlyQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.