• June 30, 2018
Mendirikan, Membangun, Dan Menumbuhkan

Barangkali bagi sebagian Teman-teman, melihat aktifitas Tim Ritel Kopkun Institute ini penuh dengan jalan-jalan. Terselip dalam rautan wajah yang bahagia, kami-kami ini memiliki beban untuk bagaimana agar toko-toko yang kami dampingi dapat beranjak menuju apa yang menjadi target kami dan mitra.

Perjuangan membuka tiga toko sekaligus pada tanggal 10 Juni yang lalu, bagi kami itu tidak ada apa-apanya. Masih terlihat mudah, dibandingkan agar mempertahankan toko yang kami dampingi beranjak dari pendirian, mulai bangun, mulai jalan, hingga mulai tumbuh.

Pada malam ini, setelah lebaran rupanya kami harus mulai bergegas menyusun strategi yang efektif dan efisien yang sesuai dengan karakter geografis tokonya masing-masing. Akan tetapi sebelum itu, perlu kiranya membuat prototipe baku untuk menjadi formula formal. Lantas, kami breakdown berdasarkan local wisdom.

ritel 1Membangun wacana koperasi dapat berhasil dalam bisnis, tidak hanya sekadar kata-kata. Melainkan perlu dimulai dalam tindakan-tindakan nyata di lapangan. Karena kebijakan yang ideal adalah apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Wacana makronya, toko ini akan kami integrasikan dengan distribution center, toko-toko milik koperasi, hingga warung-warung miliki masyarakat setempat. Kolaborasi ini agar tidak menciptakan hegemoni tunggal, akan tetapi agar dapat tumbuh dan besar bersama-sama.

Secara mikro, kami susun jobdesc, standar operasional, key performance indikator hingga evaluasi dan lembar-lembar supervisi teknis untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi dalam kinerja. Hal tersebut, semata untuk menciptakan produktifitas bisnis untuk mencapai profit sesuai target.
.
Tulis, diskusikan, aplikasikan, evaluasikan, inovasikan, dan gapai cita-cita bersama. Terus berenang, apapun yang ada di depan.

Oleh : Mulkan Putra Sahada

Short URL: http://bit.ly/2Kxi9EI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.