• January 21, 2017
Lokakarya Koperasi Perubahan: Jangan Basa-Basi Lagi

Setelah dua kali melakukan komunikasi kelembagaan, PUSKUD Jateng didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jateng sepakat untuk menyelenggarakan Lokakarya Koperasi Perubahan bagi KUD-KUD se Jawa Tengah. Kegiatan itu merupakan bagian dari serangkaian tahap revitalisasi Koperasi Unit Desa (KUD) di Jawa Tengah.

Rencananya lokakarya akan dilaksanakan pada 6-8 Februari 2017 di Baturaden, Purwokerto. PUSKUD dan Dinkop Jateng percayakan Kopkun Institute untuk mengorganisir kegiatan itu. “Teman-teman Purwokerto ini beda, makanya kami sempatkan silaturahmi langsung ke sini”, ujar Bima Kartika, Sekretaris Dinkop Prov. Jateng sekira dua bulan lalu.

Lokakarya akan fokuskan pada pembangunan mindset Pengurus dan Pengelola KUD. “Kuncinya di mindset. Makanya kami menyaratkan pesertanya harus orang gila. Kalau ada anak muda yang gila”, terang M. Arsyad Dalimunte, HC., Pakar Kopkun Institute dalam rapat koordinasi di Semarang bulan lalu.

Kerangka umum lokakarya itu adalah menyoal manajemen perubahan serta perencanaan strategis. “Ya perubahan harus disulut namun juga harus terkendali sehingga butuh dikelola. Outputnya kami berharap agar KUD memiliki Rencana Strategis (Renstra) untuk 5 tahun mendatang”, terang Firdaus Putra, HC., Direktur Kopkun Institute.

Kegiatan gelombang pertama itu direncanakan akan diikuti oleh 24 KUD di wilayah Jawa Tengah. “Nanti bisa dilakukan per gelombang. Bergantian kita kirim Pengurus-pengurus KUD ke Purwokerto agar dicoaching”, ujar Ketua PUSKUD saat rapat koordinasi di kantornya, Semarang. []

 

Short URL: http://bit.ly/2jBg7n5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.