• September 14, 2015
Kopkun Institute Turut Serta dalam Lokakarya di JRMK Muara Baru

Pada 13-14 September kemarin, Firdaus Putra, HC., Direktur Kopkun Institute turut serta dalam Lokakarya Pembangunan Koperasi pada Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) di Muara Baru, Jakarta Utara. Bersama Suroto, HC, Ketua Umum AKSES Indonesia, mereka memfasilitasi forum yang terdiri dari para kader JRMK.

Pada hari pertama Firdaus Putra, menyajikan materi “Model Sosial Ekonomi yang Berkelanjutan”. Dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), Firdaus merangsang para kader JRMK untuk merubah paradigmanya: fokus ke masalah menjadi fokus ke potensi. Dengan filosofi “gelas separoh kosong atau gelas separoh isi”, peserta diajak mengenali potensi komunitasnya.

Para peserta yang sebagian besar Bapak/ Ibu berusia 40-50 tahun itu penuh semangat mengikuti rangkaian materi. Sampai kemudian dengan atraktif Suroto, HC. mulai mengerucut ke materi pembangunan koperasi di komunitas miskin kota Jakarta Utara. Sebagai praktisi dan aktivis koperasi, Suroto dengan baik menjelaskan filosofi sampai teknis perkoperasian. Berbagai pengalaman lapangan JRMK dan pertanyaan peserta menjadi pengayaan lokakarya tersebut.

Sesi kedua Firdaus dan Suroto mulai membahas teknis-teknis pembangunan koperasi. Berbagai toolkit sudah disiapkan untuk membantu para kader memulai ikhtiarnya. Tujuannya selepas lokakarya, peserta bisa langsung memulai proses dari A-Z. Kuncinya adalah keberanian untuk mengeksekusi, karena hanya diskusi tanpa aksi kita tak akan kemana-mana. Sehingga akan lebih baik bila aksi dimulai dan perbaikan/ penyempurnaan dilakukan sambil jalan. []

Short URL: http://bit.ly/1nIfNE0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.