• February 24, 2017
Kerjasama Co-Management KSU Mitra Purbalingga dengan Kopkun Institute

Setelah dilakukan dampingan awal selama enam sejak akhir 2016 lalu, KSU Mitra Purbalingga sekarang telah aktif kembali. Momen itu ditandai dengan penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan pergantian kepengurusan yang telah vakum lama. Dihadiri oleh Dinas Koperasi Purbalingga dan serikat buruh Purbalingga, RAT terlaksana dengan lancar dan dapat tetapkan Pengurus dan Badan Pengawas masa bakti 2017-2020.

Mengingat Pengurus dan Badan Pengawas adalah sama sekali baru dalam koperasi, mereka putuskan untuk lakukan kerjasama Manajemen Bersama (Co-Management) dengan Kopkun Institute. “Kerjasama ini dilakukan selama satu tahun mulai bulan ini sampai Februari 2018. Targetnya adalah membangun kapasitas kelembagaan dan usaha. Bagaimanapun karena orang-orang sama sekali baru, mereka merasa masih asing dengan cara kerja koperasi. Teknisnya Kopkun Institute mengirim satu orang Co-Manajer bekerja di sana”, terang Angjar Muti, HC., Deputi Bidang Layanan Konsultansi.

Kerjasama itu dipahami sebagai strategi awal sebelum koperasi mengangkat seorang manajer purna waktu. “Hal itu harus dilakukan karena seluruh anggota termasuk Pengurus dan Badan Pengawas adalah buruh atau karyawan pabrik. Kalau tak ada manajer, pasti tak akan berkembang koperasinya”, imbuhnya. Meski demikian selama satu tahun itu Kopkun Institute juga menargetkan bahwa pada tahun 2018 harus ada satu manajer tetap dan koperasi sudah mampu menggajinya secara penuh.

“Pendampingan itu kan tujuannya memberdayakan. Artinya agar bisa berdiri sendiri. Nah, kalau ketergantungan itu bukan memberdayakan. Sehingga tahun depan harus sudah selesai dan KSU bisa beroperasi secara mandiri dengan manajer purna waktu sendiri”, terang praktisi ritel itu.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara KSU Mitra dengan Kopkun Institute oleh Ketua KSU dan Direktur KI pada Kamis, 24 Februari 2017. []

 

Short URL: http://bit.ly/2mljJur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.