• January 22, 2016
Kelas Manajer Angkatan Pertama Kopkun Institute

First Class Manager Sesi I akhirnya terlaksana. Itulah yang dirasakan team Kopkun Institute. Sebagai sekumpulan generasi koperasi yang mencoba menapakkan jalan menjadi pembelajar komunal melalui kesederhanaan demi terbentuknya Generasi Koperasi yang Profesionalisme dan Kreatif sebagai sebuah Institut Sosial, Ekonomi dan koperasi. Ibarat pecahnya telur penantian, kelas pertama ini bercita cita sebagai ajang membuka mimpi profesionalisme intelektual koperasi yang dimulai dengan proses panjang dan pembelajaran penuh makna.

Sebagai bagian dari rangkaian program Kopkun Institute, Kelas Manager Umum Koperasi bertujuan untuk mencetak Manager dan Calon Manager berkualitas, berdaya saing dan berkemampuan lebih untuk dapat melakukan tata kelola perusahaan dengan bijak dan cerdas, atau dalam bahasa kekinian menjadi manager yang easy, simple & smart.

5x pertemuan dengan durasi 2 jam sekali pertemuan, kelas Manager Umum Koperasi beranggotakan 15 peserta dari NEU Banyumas, dan Koperasi KA  diisi seorang Maestro Koperasi Bp. Muh Arsad Dalimunte, SE., AK. Dengan santai, sederhana dan penuh makna, peserta kelas diajak berkolaburasi dengan memahami perpaduan kombinasi ilmu praktis dan teoritis dengan sesekali diselingi canda untuk lebih membantu proses pemahaman.

Pelaksanaan kelas di malam hari (dimulai dari pukul 19.00 – 21.00 WIB ) bukan menjadi halangan bagi peserta kelas untuk tetap bersemangat dalam menjadi seorang pembelajar. Konsistensi dan antusiasisme yang patut diacungi jempol para peserta yang sebagian besar sudah berkeluarga tetap menghadiri sesi demi sesi sampai selesai.

Klasifikasi berjenjang materi dalam 5 kali pertemuan disusun secara teratur mulai dari pemahaman Dasar Dasar Management, Management Umum, Pengertian, Prinsip dan Nilai Koperasi, hakekat Management Koperasi, Koperasi sebagai Sebuah Organisasi dan Sebagai Sebuah Perusahaan. Sebagai sebuah proses wacana dan dialog, kemasan materi tersebut bukanlah sebuah ramuan ajaib yang secara langsung mengubah peserta menjadi Manager handal dan Berkualitas. Kelas hanya sebuah pemicu dalam rangka pemahaman dan pemberdayaan kreatifitas peserta, bekal peserta untuk lebih terobsesi pemikiran “liarnya” untuk dikreasikan menjadi karya dan prestasi.

Masukan dan harapan yang dirangkum dari proses dialog dan pematangan jiwa peserta kelas sebagai sang pembelajar, menjadi rangkuman akhir yang dijadikan sebuah evaluasi, pembenahan dan penyempurnaan untuk kelas mendatang.

Langkah ke seratus dimulai dari langkah pertama, itulah harapan kami dari Kopkun Institute untuk lebih memperbanyak Karya dan Menginspirasi komunitas Koperasi Indonesia untuk menjadi basis intelektual dan profesionalisme. Berakhirnya Kelas pertama hanyalah sebuah pemicu untuk kelas berikutnya. Harapan terlaksananya Kelas kedua, ketiga dan seterusnya bukan semata mata sebagai alasan ekonomis belaka. Pertemuan kelas demi kelas diharapkan berimbas pada semakin intensnya pelaku ekonomi koperasi yang berbeda dalam sebuah wadah komunikasi. Terbangunnya Generasi Koperasi yang Profesionalisme dan Kreatif sebagai sebuah Institut Sosial, Ekonomi dan koperasi yang menjalankan roda perusahaan koperasi bukan hanya menjadi sebuah mimpi, namun menjadi sebuah cita cita yang akan diwujudkan bersama dan Kopkun Institute selalu siap menjadi inspirator perwujudan cita cita tersebut. []

Short URL: http://bit.ly/1KR2fec

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.