• May 30, 2018
Grand Opening Warung Cerdas KUD Gemahripah Damandiri Trirenggo

KUD Gemarhripah Damandiri Trirenggo adalah salah satu mitra dampingan dari Kopkun Institute untuk pendirian toko berjejaring. Toko tersebut bernama Warung Cerdas.

Grand Opening ini dimulai sejak pukul 09.00 dengan sambutan-sambutan oleh Pak Ambyah selaku Pengurus KUD Gemahripah, dan Pak Gatot dari pihak Damandiri. Dilanjutkan dengan pemotongan pita secara simbolis sebagai tanda toko tersebut telah resmi dibuka.

Dalam agenda tersebut turut hadir seluruh penerima program bedah rumah, penerima program warung gerobak, penerima program pembangunan MCK, dan juga warung mitra binaan. Juga dari perangkat desa setempat.

Penerima program bedah rumah dan penerima gerobak ini merupakan serangkaian program Desa Mandiri Lestari dari Yayasan Damandiri. Penerima program tersebut nantinya akan mendapatkan manfaat supply barang dari Warung Cerdas.

Selain itu, sebagai modal awal penerima program tersebut diberikan pinjaman gerobak dan uang modal awal. Sedangkan, bagi penerima program bedah rumah, selain melakukan bedah rumah juga dibantu untuk dibuatkan warung persis di depan rumahnya sebesar 2×2.

2

Baik program bedah rumah maupun program gerobak, ini sebagai bagian dari untuk meningkatkan taraf ekonomi penerima program. Sehingga dapat menjadi solusi alternatif dalam pengentasan kemiskinan di masyarakat.

Konsep yang dibangun dalam Warung Cerdas ini adalah konsep eceran dan grosiran. Dalam konsep grosiran menggunakan skema harga bertingkat, karena Warung Cerdas ini akan diarahkan sebagai pusat kulakan warung-warung mitra dan warung sekitar.

Setelah dilakukan Grand Opening, agenda selanjutnya adalah memberikan training kepada warung-warung mitra dari warung cerdas. Warung-warung ini akan diberikan bekal bagiamana cara mengelola warung secara modern dan terdokumentasi. Sehingga stigma bahwa warung rumah tangga kumuh tidak akan ada lagi.

3

Dalam pelatihan tersebut, warung-warung akan diberikan bekal bagaimana cara ngomzet. Warung tidak lagi jualan sporadis dan hanya sekadar jualan, akan tetapi sudah dilatih jualan berdasarkan data.

Tidak sampai disini, kedepan warung-warung cerdas dampingan dari Kopkun Institute juga akan di set up sistem secara online. Sehingga kedepan warung-warung mitra dari warung cerdas akan menggunakan sistem yang akan terintegrasi langsung dengan warung cerdas. Orderan dan segala transaksi lainnya jadi akan lebih mudah.

oleh : Mulkan Putra Sahada

Short URL: http://bit.ly/2sp07tg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *