• August 30, 2016
Gelar Pelatihan E-Marketing untuk UMKM dan Koperasi

Selasa, 23 Agustus bertempat di Kopkun 3 berlangsung Pelatihan e-Marketing untuk UKM dan Koperasi se-Banyumas. Kegiatan yang merupakan kerjasama Kopkun Institut  dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman berlangsung selama 3 hari dari hari Selasa, 23 Agustus 2016 dan berakhir hari Kamis, 25 Agustus 2016. Pelatihan dibuka oleh Afif Veldy, Deputi Pendidikan dan Pelatihan Kopkun Institute.

Sebanyak 23 peserta perwakilan Koperasi dan pelaku UKM mengikuti kegiatan yang berlangsung setiap hari mulai pukul 14.00 sampai 17.00 WIB. Selain domisili yang berbeda (bahkan ada peserta yang berasal dari Gombong, Kebumen) peserta merupakan pelaku penjualan online dengan berbagai kategori Produk mulai dari produk kreatif, Kuliner, Jasa, serta Produk konvensional lainnya.  Dari yang masih mau mencoba, sampai yang sudah lama berkecimpung menjalankan usaha online.

Sesuai dengan tujuannya Pelatihan dimaksudkan untuk lebih mengenalkan potensi pemasaran online, mengenalkan dan melatih tools pemasaran online, dan mempraktikkan tools pemasaran online yang mudah dan murah dengan smartphone. Diharapkan setelah pelatihan peserta yang sebagian besar mewakili UKM dan Koperasi tidak hanya bisa menjual, tetapi menguasai seni menjual sehingga menjadi lebih kompetitif dalam melakukan bisnis pemasaran online.

Sejumlah  pembicara yang dihadirkan merupakan perwakilan FEB Unsoed, Praktisi dan Direktur Kopkun Institute menjadikan bobot pelatihan menjadi lebih bernilai. Berbagai trik pemotretan, penggunaan aplikasi berbasis smatphone, branding produk dan beragam motivasi yang menjadi materi pelatihan selama 3 hari benar benar memberi pengalaman berbeda bagi para peserta.

“Pelatihan ini sederhana tetapi sangat berguna, banyak hal yang sebelumnya saya tidak tahu” ungkap salah seorang peserta di hari terakhir pelatihan. Sebagian peserta meminta pelatihan untuk diperpanjang, dan sebagian lainnya meminta diadakan pelatihan e-marketing lanjutan.

Dialog di akhir pelatihan antara peserta dengan fasilitator selain menyampaikan kesan pesan, masukan dan evaluasi, juga menyepakati untuk tetap menjalin komunikasi dalam wadah group sosial media. Keberadaan group tersebut diharapkan menjadi media pembelajaran, informasi dan sharing pengalaman antara peserta pelatihan dan Kopkun Institute sebagai institusi sosial, ekonomi dan koperasi. []

Short URL: http://bit.ly/2c4vZdC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.