• August 30, 2018
Camilla Carabini Direktur Coopermondo Confcooperative  : Praktik Koperasi di Italia

 

Camilla Carabini  menjadi salah satu pembicara dalam Workshop Worker cooperative, Coop Platform, Coop Startup “Meretas Era Baru Koperasi” pada tanggal 27-28 Agustus 2018 . Camilla menjadi pemantik di awal kegiatan workshop dan memberikan paparan mengenai praktik baik koperasi di Italia. Sebagai direktur Coopermondo Confcooperative Camilla memiliki pengalaman yang cukup dalam memetakan pertumbuhan koperasi di Italia.

Coopermondo adalah NGO dari Confcooperative (Federasi Koperasi Italia) yang membawahi 9 sektor koperasi yakni Credit, Perumahan, Pertanian, perikanan, tourism,Konsumen, kesehatan solidaritas dan kesehatan. Tujuan dari Coopermondo sendiri adalah meningkatkan dan mempromosikan koperasi di Italia pada platform internasional dan mengkampanyekan pembangunan secara inklusif dan berkelanjutan.

Koperasi Italia berhasil dalam memberikan sumbangan sebesar 1/3 dari total PDB menjadi sector utama dalam mendorong ekonomi di Italia. Koperasi dari beragam model dan sector menarik menjadi salah satu yang bisa dibagikan ke peserta, melihat bahwa koperasi di Indonesia di dominasi oleh koperasi simpan pinjam.  Mayoritas simpan pinjam sebesar 67% dari 135rb koperasi di Indonesia, bisa jadi salah satu alas an tidak menariknya mendirikan koperasi dan tidak diminati oleh anak muda.

Di Italia terdapat beberapa jenis koperasi di antaranya Worker cooperatives, Consumer & user cooperatives , Cooperative Banks,Housing cooperatives,Producers cooperative (Agriculture), Multi-stakeholder Cooperatives,Social Cooperatives. Dari klasifikasi jenis koperasi tersebut terdapat 3 pengalaman inovatif dalam menjalankan koperasi yakni koperasi social, koperasi komunitas dan koperasi BuyOut

Koperasi social, koperasi yang harus memberikan dampak ke komunitas di sekitarnya.Koperasi ini  dibedakan dalam tipe A dan Tipe B. Tipe A adalah koperasi social karna bergerak dalam bidang pendidikan, pelayanan sanitary lingkungan. Tipe B adalah koperasi social yang mempekerjaan minimalnya 30% dari kalangan orang orang yang tidak beruntung seperti (mantap pecandu narkopa, alcohol, gangguan kesehatan mental, tuna rungu, pasien psikiatrik). Saat ini di Italia telah ada 9000 koperasi social dengan mempekerjakan 350.000 pekerja, dan asset 9 milyar euro dengan 5 ribu anggota.

Koperasi Komunitas, adalah koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian local yang digunakan untuk meningkatkan komunitas. Dalam kasud di Italia, banyak anak muda yang meninggalkan desa dan pergi ke kota. Desa yang penuh potensi dengan wisata menjadi tidak terkelola, komunitas membentuk koperasi untuk mengoptimalkan potensi wisata daerah tersebut.

Wokers BuyOut, Adalah bisnis yang di beli oleh para pekerja ketika posisi sedang hampir bangkrut. Misalnya adalah Lincoop Road Sign, Athena Tailoring Coop.

Selama ini project dari Coopermondo tersebar di Amerika Latin, Afrika dan Timur Tengah. Coopermondo mengajak adanya kolaborasi kedepan antara Coopermondo dengan wilayah di Asia teruama Indonesia.

Short URL: http://bit.ly/2omUeuQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.