Koperasi Milenial? Latah Gelembung Citra Milenial?

Gelembung, sebagaimana karakter materialnya, dia mudah besar, mudah dibentuk, mudah terbang, tapi tak berisi, kosong. Gelembung adalah sesuatu yang mudah pecah.

Koperasi millennial yang saya tahu untuk merubah mindset soal koperasi yang dianggap kuno, lawas, kumpulan orang tua, bodong dll. Jadi term ini digunakan di banyak workshop, sosmed, media massa agar anak2 mudanya mau berkoperasi.

Lha terus bentuk koperasi millennial itu apa? Nobody answer. Emang kalo udah masuk di Kompas.com, masuk ke timeline instagram, facebook, twitter itu terus merubah wajah koperasi hari ini gitu?

Apa wujud dan model bisnis koperasi millennial? Terus apakah koperasi millennial itu mengadvokasi kebijakan yang berpihak pada koperasi hari ini? Kalo Ga ada, Berarti Ya Bullshit.

Di saat orang-orang di tempat lain melahirkan Coop Platform, Coop Startup, Worker Coop, mendirikan dan mengadvokasi kebijakan di negara negaranya, sebagai vis a vis dari Gig ekonomi hari ini biar lebih demokratis biar lebih berkeadilan. Kita malah asik dengan yang permukaan permukaan. Branding. Branding tidak masalah, asal dibarengi dengan konten.

Nah, karena buble ini tidak pernah diisi tetapi diproduksi terus oleh media jangan heran jika ada orang yang berekspektasi lebih dari koperasi ternyata dikecewakan sama keadaan yang ternyata tidak ada beda dengan yang dulu dulu.

Beberapa bulan yang lalu saya santer ngomong “koperasi millennial”, ingin kuputar waktu dan menarik omongan itu dan kuganti dengan apa yang lebih substansial. []

Margin Medsos: https://www.facebook.com/annissaadaah/posts/2025407920824413

 

Short URL: http://bit.ly/2LQUufb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.