Kopi Darat dan Bedah Buku Ketika Orang Kecil Takut ke Bank

Jum’at, 27 Mei 2016, bertempat di CU Cikalmas bedah buku “Ketika Orang Kecil Takut ke Bank” diselenggarakan. Kegiatan itu sekaligus menjadi ajang Kopi Darat Grup WA Ekonomi-Koperasi Banyumas. Ada sekira 23 orang peserta dari beberapa lembaga seperti: CU Cikalmas, KPRI Neu, Kopata, Kpri Sehat, Argo Mulyo Jati, BMT Mentari, Dosen IAIN dan lainnya. Acara yang dimoderatori Direktur Kopkun Institute, Firdaus Putra, HC., menghadirkan si penulis buku dan tokoh CU Cikalmas Purwokerto sebagai pembicara.

Buku yang sukses merebut hati pegiat koperasi tersebut secara umum berisi kumpulan  catatan proses perjalanan Credit Union atau CU di Kalimantan. Tentang “spirit” berkoperasi  yang sukses menggerakan perekonomian rakyat yang terbukti mumpuni dalam membantu upaya keterpurukan masyarakat di Kalimantan Barat khususnya dan Kalimantan umumnya untuk dapat hidup layak.

Menariknya Prima Sulistya, penulis buku itu, awalnya adalah orang yang awam koperasi. Proses dialektikanya dengan beberapa tokoh muda koperasi yang disertai semangat pembelajaran yang tinggi membuatnya menjadi antusias untuk memahami perkoperasian. Lambat laun terbangun  kesadaran berkoperasi dan sekaligus merefleksikannya dalam berbagai aktivitas, yang salah satunya terangkum dalam sebuah buku.

Dari dialog sederhana mengenai buku yang dulu berjudul “Berjuang Menolong Diri Sendiri” memicu lahirnya inspirasi khususnya dari beberapa perwakilan koperasi. Yang akhirnya memunculkan ide meredefinisi prinsip pendidikan dan pendekatan anggota CU diaplikasikan dalam konsep pendidikan koperasi. Harapannya adalah terbangunnya blue print  karakter SDM koperasi, sebagai solusi untuk mengembalikan khitah koperasi (bring back co-op) yang benar-benar konsen dalam pembangunan manusia dan kemanusiaan.

Beberapa hal yang menjadi kesepakatan adalah adanya pertemuan pertemuan lain di tempat yang berbeda sebagai proses pembelajaran bersama. Kesadaran bahwa pendidikan anggota menjadi tolak ukuran kemajuan sebuah organisasi, selain kesabaran dalam membangun mimpi, dan  tidak kalah menarik celetukan penggiat dan tokoh CU Cikalmas Purwokerto, Damar Sasongko “Berkoperasi jangan sendirian, harus banyak teman”, menutup diskusi malam hari itu. [Afif]

Short URL: http://bit.ly/27WcDit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.