Pembatalan Rangkaian Kegiatan Roadshow Koperasi Itu Kita

Sebenarnya kami merasa berat untuk membatalkan seluruh rangkaian kegiatan Koperasi Itu Kita, 14-20 September 2015. Pasalnya kami sudah menyiapkan kegiatan itu sebulan lamanya. Tentu ada sebab serius mengapa kegiatan tersebut harus kami batalkan. Dan akan kami jelaskan pada kesempatan ini.

Kronologi

  1. Kegiatan itu merupakan turunan dari program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop) di beberapa titik di Indonesia. Untuk Prov. Jawa Tengah dipusatkan di Purwokerto. Program Gemaskop yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI itu menggandeng Kopnas Aku Mandiri (http://akumandiri.coop) sebagai organizernya.
  2. Tawaran program Gemaskop ke kami (Kopkun Institute) masuk sejak bulan Juli 2015. Reza Fabianus sebagai Ketua Umum Kopnas menginformasikan bahwa Purwokerto menjadi salah satu titik penyelenggaraan kegiatan Gemaskop.
  3. Kami respon tawaran program tersebut dan kemudian menyusun konsep besar kegiatan di Purwokerto sehingga lahirlah “Koperasi Itu Kita”. Kami mengusulkan rangkaian kegiatan mulai: bazar buku dan kuliner, bedah buku, serial seminar, serial diskusi, serial kompetisi dan tidak ketinggalan gala dinner untuk sepekan.
  4. Salah satu kegiatan yang harus di-sounding lebih dulu adalah serial kompetisi untuk menyerap partisipasi peserta. Sehingga melalui konsultasi dengan Kopnas Aku Mandiri, promosi melalui website dan fanpage kami segerakan.
  5. Kemudian memasuki H-3 minggu kami mulai meminta fiksasi anggaran yang disetujui Kopnas Aku Mandiri. Untuk kegiatan selama sepekan itu anggaran yang disetujui sangat di bawah kelaikan (under estimate).
  6. Kami mendesak Sdr. Reza untuk me-review ulang mata anggaran yang dihapus. Namun sampai kami belum memperoleh fiksasi kegiatan beserta anggarannya.
  7. Dalam waktu persiapan yang singkat, tentu kami tidak mempersiapkan untuk memobilisasi sumber dana dari sponsor-sponsor yang lain.
  8. Kami sudah mendesak berulang kali agar Sdr. Reza dapat membuat keputusan sehingga semua persiapan bisa dilakukan. Namun itu pun tidak membuahkan hasil.
  9. Sehingga dengan berat hati kami memutuskan untuk membatalkan rangkaian kegiatan Koperasi Itu Kita.

Sikap Kami

  1. Sedari awal kami sudah menunjukkan keseriusan, inisiatif besar dan komunikatif dalam menghelat kegiatan Koperasi Itu Kita bersama Kopnas Aku Mandiri dan Kementerian Koperasi dan UKM RI.
  2. Kami merasa dirugikan secara material dan immaterial atas ketidakjelasan kerjasama dalam menghelat Koperasi Itu Kita.
  3. Kami melihat bahwa Kopnas Aku Mandiri (Cq. Sdr. Reza Fabianus) tidak bisa bersikap tegas untuk membuat keputusan sehingga terjadi ketidakjelasan.
  4. Kami menilai bahwa Kopnas Aku Mandiri (Cq. Sdr. Reza Fabianus) tidak punya kompetensi dan integritas yang cukup sebagai event organizer dari Gemaskop Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Permohonan Maaf

Pada kesempatan kali ini, kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat, aktivis koperasi yang ingin menghadiri kegiatan tersebut. Kami juga mohon maaf kepada berbagai pihak yang sebelumnya kami jajaki untuk kerjasama.

Demikian pemberitahuan ini, semoga menjadi permakluman dan bahan hikmah bagi semuanya.

Purwokerto, 9 September 2015

Firdaus Putra, HC.

Direktur

Konfirmasi: +62 812-1799-0594

 

Sepak terjang Kopnas Aku Mandiri lainnya bisa dibaca di:

  • http://www.beritasatu.com/ekonomi/400228-menkop-ada-koperasi-nakal-catut-nama-kementerian.html
  • http://investor.id/kolom/ekonomi/ekonomi/400228-menkop-ada-koperasi-nakal-catut-nama-kementerian.html
  • http://tangkasnews.com/dinilai-nakal-menkop-puspayoga-batal-hadiri-acara-kopnas-di-bangli-bali/
  • http://mediakita.co.id/menkop-ada-koperasi-nakal-catut-nama-kementerian/
  • http://www.antarabali.com/berita/98729/kemenkop-dan-ukm-tegur-koperasi-aku-mandiri

Mohon berhati-hati!

Short URL: http://bit.ly/1KR01eZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.